Sabtu, 01 November 2014

Menyembunyikan File di Android

Sembunyikan File di Android Tanpa Aplikasi


Ternyata untuk menyembunyikan file pribadi tak selamanya membutuhkan aplikasi pihak ketiga.

Cukup ikuti cara berikut untuk melakukannya.
Seberapa sering Anda menggunakan smartphone Android Anda? Apakah Anda menggunakannya hanya untuk komunikasi sesama teman saja atau menggunakannya juga sebagai alat penyimpan file pribadi yang Anda miliki? Bila Anda termasuk user dengan kebiasaan menyimpan file pribadi diperangkat mobile, tentunya dibutuhkan perhatian ekstra dalam memperlakukan si gadget. Anda bisa memilih untuk selalu menggenggamnya erat di tangan Anda, atau menggunakan aplikasi pihak ketiga yang menawarkan fitur lock folder. Dua pilihan itu kerap muncul sebagai jawaban bila ditanyakan pada user bagaimana mereka memperlakukan gadget mereka saat ada file pribadi di dalamnya. Nyatanya opsi yang Anda miliki tak hanya dua, melainkan tiga dengan fitur bawaan dari ponsel Android itu sendiri sebagai pilihan opsi Anda.
Smartphone. Sesuai dengan namanya yakni ponsel pintar, smartphone Android ternyata menawarkan keamanan versi mereka sendiri untuk para user. Seperti komputer desktop, file atau folder di smartphone dan tablet Android juga bisa disembunyikan. Menariknya, menyembunyikan file atau folder di smartphone dan tablet Android juga bisa dilakukan tanpa bantuan aplikasi. Bila Anda tertarik untuk mencobanya, silahkan ikuti beberapa langkah berikut di bawah ini:
1.    Cara pertama: •    Anda harus membuat sebuah folder baru sebagai tempat penyimpanan file yang ingin disembunykan.
•    Selanjutnya, awali nama folder yang Anda buat tadi dengan tanda titik. Anda bebas menamai apa saja folder yang ingin Anda sembunyikan tapi jangan lupa awali namanya dengan tanda titik. (Perlu dicatat, hanya file manager dan sistem aplikasi tertentu yang bisa mengenali folder tersebut. Dengan demikian, folder tersebut tidak akan muncul di gallery, multimedia, e-mail clients atau yang lainnya.)
2.    Cara kedua:
Anda juga bisa menyembunyikan media file yang sudah ada di dalam folder. Untuk cara yang kedua ini Anda hanya perlu membuat file baru di dalam folder dengan nama “.nomedia”, tanpa tanda kutip. Dengan cara begitu semua file media seperti foto dan video akan tersembunyi dari berbagai aplikasi yang ingin mengenali isi file tersebut.

Mudah bukan? Selamat mencoba. 

5 komentar:

  1. wah ini haruz di coba nih
    thanks gan dah d share
    salam blogger

    BalasHapus
  2. Wkwkwkwk sayang sekali mau praktek HPku nokia jadul bro haha :D

    BalasHapus
  3. Wkwkwkwk sayang sekali mau praktek HPku nokia jadul bro haha :D

    BalasHapus
  4. Wew, jadi bertambah Ilmu nih, selama ini saya cuma tau kalau pakai aplikasi.
    Nice post gan ! :)

    BalasHapus